Analisa anggaran usaha Anda Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran |
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOpN3_WYIJ0b5eh737fc8WVw199Wi7aR9iMhwqphX1TgTL-nt43d0Y6irR3OjcpmscdWj7VPETUlB5iDQZsktC3xNzH1tCG4LORevkpU9BQAXXQ2bGdQLTLWHTXmD1aESXNMylGXKo0sum/s320/kurva+penawaran.jpg)
Faktor – faktor yang mempengaruhi penawaran :
- Harga barang itu sendiri
- Harga barang-barang lain (barang-barang substitusi)
- Biaya produksi
- Tujuan-tujuan perusahaan
- Tingkat teknologi yang digunakan
Fungsi penawaran adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan oleh penjual dan semua faktor yang mempengaruhinya. Fungsi penawaran secara umum ditulis :
Qs = f (Pq, Pl.i, C, O, T)
di mana :
Qs = jumlah barang yang ditawarkan
Pq = harga barang itu sendiri
Pl.i = harga barang-barang lain (i = 1,2, ….,n)
O = tujuan-tujuan perusahaan
T = tingkat teknologi yang digunakan.
Pengaruh Faktor-Faktor Selain Harga Barang Itu Sendiri
Apabila pengaruh harga barang itu sendiri (Pq) terhadap jumlah barang yang ditawarkan (Qs) ditunjukkan oleh gerakan naik-turun di sepanjang kurve penawaran, maka untuk pengaruh harga barang-barang lain (Pl), biaya produksi (C), tujuan-tujuan perusahaan (O), dan teknologi (T) ditunjukkan oleh pergeseran kurve penawaran ke kiri atau ke kanan.