Contoh Pembukuan Kas: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Aplikasi Penyusunan Anggaran

Analisa anggaran usaha Anda

Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran


Saat hendak membuka usaha atau bisnis tentu sistem pembukuan keuangan akan sangat diperlukan. Hal tersebut untuk mengetahui secara detail tentang rincian saldo awal, beban, pemasukan, dan biaya lain untuk selama usaha berjalan. Bagi Anda yang baru saja mengawali langkah tersebut bisa mencermati contoh pembukuan kas.


Selain contoh pembukuan kas, Anda harus mengenal seputar jurnal dan sistem pembukuan yang biasa dipelajari di ilmu akuntansi terlebih dahulu. Meskipun bidang Anda di luar ilmu tersebut sebenarnya dapat mempelajari dan mendalaminya. Caranya dilakukan dengan latihan rutin serta membaca sumber referensi seperti yang ada di sini.

Pentingnya Membuat Pembukuan Kas

Pembukuan kas atau pembukuan keuangan sederhana yang diabaikan akan memiliki dampak yang cukup fatal. Terutama bagi para pebisnis dan pengusaha, baik itu pemula maupun yang sudah berpengalaman. Pembukuan memiliki fungsi sangat penting bagi berlangsungnya usaha yang akan diprediksikan agar mencapai kesuksesan.
Contoh pembukuan kas dapat membantu para pebisnis yang ingin menjalankan usaha dengan optimal sejak awal. Beberapa langkah bisnis lainnya bisa diawali dengan sukses tanpa pembukuan dan pencatatan keuangan. Namun, kondisi finansial usaha menjadi tidak terkontrol dan tak terkendali ketika pencatatan tidak dilakukan.
Laporan pembukuan kas sangat disarankan untuk dicatat sejak awal masa pembukaan usaha atau bisnis. Para pebisnis tersebut bisa mengawali catatannya dengan rincian arus keluar masuk kas. Serta sisa dari kas awal yang dikeluarkan untuk biaya modal usaha hingga usaha sedang dijalankan.
Para pemula tidak perlu kebingungan meskipun tidak memiliki ilmu dasar tentang akuntansi atau pembukuan kas. Anda dapat dengan mudah mempelajarinya jika tekun membaca dan menerapkan berbagai hal yang dijelaskan di sini. Anda bisa melakukan pembukuan kas sederhana saja, tanpa perlu mencatat segala keperluan layaknya di perusahaan besar.
Anda dapat mengalihkan pekerjaan untuk mencatat pembukuan kas kepada ahlinya, yakni seorang akuntan ketika bisnis sedang benar-benar sukses. Tetapi, tidak ada salahnya jika Anda juga mempelajarinya untuk menghindari kesalahan pencatatan. Pembukuan akan menjadi lebih kompleks ketika skala usaha meningkat.

Ketahui Hal Ini Sebelum Mengetahui Contoh Pembukuan Kas

Contoh pembukuan kas sebenarnya bisa Anda temui di berbagai sistem administrasi suatu lembaga ataupun perusahaan. Tetapi, tetapi hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki kesempatan untuk melihatnya.

Kini contoh-contoh pembukuan kas mulai dari yang sederhana hingga cukup kompleks bisa Anda dapatkan dengan mudah. Hal itu dilakukan dengan mencari referensi dari media online yang dapat ditemukan hanya dengan jaringan internet.
Sebelum memahami contoh pembukuan kas, Anda perlu mengetahui beberapa hal tentang seputar pembukuan. Antara lain.
                     Catatan Pembukuan Pengeluaran Kas
                     Catatan Pembukuan Pemasukan
                     Catatan Pembukuan Kas Utama
                     Pembukuan Stok Barang
                     Pembukuan Inventaris Barang
                     Laba Rugi
Pencatatan keenam hal di atas harus dilakukan di beberapa jurnal atau buku yang berbeda. Karena sistem pencatatan yang dicampur aduk akan menjadi berantakan dan sulit dibaca. Anda dapat menuliskannya secara manual di buku berbahan kertas maupun menuliskannya menggunakan media digital.

Jenis dan Contoh Pembukuan Kas

Berikut adalah contoh pembukuan kas umum yang tidak hanya diterapkan oleh para pengusaha atau pebisnis saja. Tetapi juga di beragam lembaga dan instansi pemerintaha, pendidikan, dan sebagainya. Contoh pembukuan di bawah ini dikerjakan dengan format resmi dari lembaga yang bersangkutan.
Anda tidak harus mengikuti format sama persid dengan contoh di bawah ini. Anda hanya bisa menggunakan contoh susunan isinya saja dengan format yang berbeda. Sesuaikan format tersebut dengan lembaga atau instansi tempat Anda bekerja.
Jika pembukuan dilakukan untuk bisnis atau usaha, maka Anda tidak perlu menuliskannya dalam format yang resmi seperti berikut ini.
1.                   Contoh Pembukuan Kas Harian

2.                   Contoh Pembukuan Kas Umum

3.                   Kas Umum Lembaga pendidikan

4.                   Buku Pembantu Kas

5.                   Pembukuan Kas Umum Pemerintahan


Beberapa contoh pembukuan kas di atas bisa Anda pelajari setelah memahami tentang jenis dan definisi tiap-tiap kategori pembukuan. Pendalaman perlu dilakukan ketika Anda bukanlah seorang yang ahli di bidang akuntansi.

Related : Contoh Pembukuan Kas: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya