Buku Akuntansi (Horngren|Harrison) Ed. Ketujuh Jilid 1

Aplikasi Penyusunan Anggaran

Analisa anggaran usaha Anda

Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran

Apa sih buku yang cocok buat orang yang baru mulai belajar Akuntansi?
Pertanyaan itu mungkin pernah terlontarkan atau pernah kita dengar dari salah seorang teman kita. Memang agak sulit untuk memilih buku yang isinya kompleks mengenai Akuntansi dasar. Banyak buku hanya menjelaskan sebagian saja dari ilmu-ilmu yang ada dalam Akuntansi. Untuk itulah saya merekomendasikan untuk para pemula atau mahasiswa baru jurusan akuntansi dimanapun berada untuk memilih buku berikut ini:
 Buku ini berjudul AKUNTANSI yang diterjemahkan dari hasil adaptasi buku ACCOUNTING, 7e karya Charles T. Horngren & Walter T. Harrison Jr. ini membahas tentang siklus dan sistem akuntansi, permasalahan persediaan dan piutang untuk perusahaan dan usaha dagang, sekaligus memuat segala keunikan dunia usaha di Indonesia.
Buku ini terbit pada tahun 2007 yang berisi 13 BAB yang terangkum dalam 633 halaman. ISBN: 978-979-033-314-7. Buku ini di terbitkan oleh penerbit Erlangga dan dibanderol dengan harga Rp 200ribuan di toko buku resmi (Gramedia, dll).

Buku ini banyak digunakan oleh mahasiswa di Indonesia karena isinya yang lengkap dan mudah dipahami. Semua dasar-dasar ilmu Akuntansi ada di dalamnya. Untuk itulah tidak ada salahnya untuk membeli buku ini. Walaupun sedikit mahal tapi ilmu yang didapatkan mungkin akan melebihi harganya.

Selain itu, ada juga buku referensi lain, antara lain:
  • PENGANTAR AKUNTANSI (ADAPTASI INDONESIA) 1
          Pengarang : James M. Reeve, Carl S. Warren, and Jonathan E. Duchac
          ISBN : 978-981-4281-53-9
          Tahun terbit : 2010
          Harga resmi: Rp144.900,-
          Penerbit : SalembaEmpat
  • AKUNTANSI : SUATU PENGANTAR
          Pengarang : Soemarso, S. R.
          ISBN : 979-518-099-1
          Tahun terbit : 1995
          Harga resmi : -
          Penerbit : Rineka Cipta
  • PENGANTAR AKUNTANSI
          Pengarang : RUDIANTO (FE TRISAKTI)
          ISBN : 978-979-033-312-3
          Tahun terbit : 2009
          Harga resmi : Rp 103.000,-
          Penerbit : Erlangga

Itulah beberapa referensi yang bisa dipakai untuk mempelajari Akuntansi dasar bagi kalian-kalian semua mahasiswa prodi Akuntansi maupun bagi orang-orang yang berkepentingan. Masih banyak buku referensi lain, yang ada di atas adalah buku yang banyak dipakai dan sering direkomendasikan oleh bapak/ibu dosen.

Related : Buku Akuntansi (Horngren|Harrison) Ed. Ketujuh Jilid 1